Kelas I, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mempraktikkan gerak dasar ke dalam
permainan sederhana/
aktivitas jasmani dan nilai
yang terkandung di dalamnya
|
1.1 Mempraktikkan gerak dasar jalan,
lari dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran,
kerjasama, toleransi dan percaya diri
1.2 Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun ataupun
menekuk dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi
dan percaya diri
1.3 Mempraktikkan gerak dasar lempar tangkap dan sejenisnya dalam permainan
sederhana, serta nilai sportivitas,
kejujuran, kerjasama, toleransi
dan percaya diri
|
2. Mendemonstrasikan sikap tubuh dalam
berbagai posisi
|
2.1 Mendemonstrasikan sikap
tubuh dalam posisi berdiri
2.2 Mendemonstrasikan sikap
tubuh dalam posisi berjalan
|
3. Mempraktikkan senam lantai sederhana tanpa alat dan nilai
yang terkandung di dalamnya
|
3.1 Mempraktikkan gerak keseimbangan
statis tanpa alat, serta nilai percaya diri dan
disiplin
|
4. Mengungkapkan perasaan
melalui
gerak berirama dan nilai yang terkandung di dalamnya
|
4.1 Mempraktikkan gerak bebas berirama tanpa menggunakan musik dan nilai disiplin dan kerjasama
4.2 Mempraktikkan gerak bebas berirama menggunakan musik dan nilai disiplin dan kerjasama
|
5. Menerapkan budaya hidup sehat
|
5.1 Menjaga kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit
5.2 Mengenal pentingnya imunisasi
|
Kelas I, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
6. Mempraktikkan gerak dasar ke dalam aktivitas
jasmani dan nilai yang terkandung di
dalamnya
|
6.1 Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat ke berbagai arah dengan berbagai pola dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama, kejujuran, tanggung
jawab dan toleransi
6.2 Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun, menekuk dalam permainan sederhana, dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran dan tanggung jawab
6.3 Mempraktikkan gerak dasar menangkap obyek berbagai ukuran dalam permainan sederhana , dan kerjasama, toleransi,
kejujuran dan tanggung jawab
|
7. Membiasakan penampilan
sikap tubuh dalam berbagai
posisi
|
7.1 Membiasakan penampillan sikap tubuh dalam posisi diam
7.2 Membiasakan penampilkan sikap tubuh dalam posisi bergerak
|
8. Mempraktikkan gerakan senam lantai sederhana dan nilai yang terkandung di dalamnya
|
8.1 Mempraktikkan gerakan senam lantai sederhana, serta nilai percaya diri
dan disiplin
8.2 Mempraktikkan gerak peregangan dan pelemasan dalam kegiatan pemanasan sederhana dengan benar serta nilai disiplin
|
9. Menampilkan
perasaan melalui musik dan gerak berirama serta nilai yang terkandung di dalamnya
|
9.1 Menampilkan gerak bebas berirama diorientasikan dengan arah mengikuti
bunyi-bunyian secara
individu, serta
nilai estetika
9.2 Menampilkan gerak bebas berirama diorientasikan dengan arah menggunakan bunyi-bunyian secara berpasangan/ kelompok kecil, serta nilai estetika
|
10. Mempraktikkan dasar-dasar pengenalan air dan nilai yang
|
10.1 Mempraktikkan aktivitas dasar di air
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
terkandung di dalamnya*)
|
10.2 Mempraktikkan berbagai permainan di air dangkal disertai
nilai percaya diri, kebersihan,
dan disiplin
|
11. Mempraktikkan pengenalan lingkungan sekolah
melalui aktivitas jasmani
dan nilai yang terkandung
di dalamnya***)
|
11.1 Mempraktikkan pengenalan lingkungan sekolah secara beregu, dan nilai disiplin, kerjasama, dan kebersihan lingkungan
11.2 Mempraktikkan berbagai aktivitas jasmani yang menyenangkan di lingkungan sekolah, dan nilai disiplin, kerja sama dan pola hidup sehat
11.3 Mempraktikkan pemanfaatan makanan dan minuman yang baik
|
12. Menerapkan budaya hidup
sehat
|
12.1 Menjaga kebersihan
gigi dan mulut
12.2 Mengenal makanan sehat
|
Kelas II, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mempraktikkan variasi gerak dasar melalui
permainan dan aktivitas jasmani, dan nilai- nilai yang terkandung
di dalamnya
|
1.1 Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, lompat yang bervariasi dalam permainan
yang menyenangkan dan nilai
kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggungjawab,
menghargai lawan
dan menghargai
diri sendiri
1.2 Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun, menekuk lutut dalam berbagai variasi permainan sederhana serta nilai kerjasama, toleransi,
kejujuran, tanggungjawab, menghargai lawan dan memahami diri sendiri
1.3 Mempraktikkan gerak dasar
melempar,
menangkap, menendang dan menggiring bola ke berbagai arah dalam permainan sederhana serta nilai kerjasama,
toleransi, kejujuran, tanggungjawab,
menghargai lawan dan memahami diri sendiri
|
2. Mempraktikkan latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
2.1 Mempraktikkan satu jenis bentuk latihan
untuk meningkatkan kekuatan
otot lengan dan tungkai dengan mengikuti aturan
2.2 Mempraktikkan berbagai aktivitas untuk melatih keseimbangan statis
dan dinamis, serta nilai
disiplin dan estetika
2.3 Membiasakan bergerak dengan benar
|
3. Mempraktikkan senam ketangkasan dasar
dan
nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
|
3.1 Mempraktikkan senam ketangkasan
sederhana
tanpa menggunakan alat: melompat dan meloncat
dengan isyarat
ke berbagai arah
3.2 Mempraktikkan senam ketangkasan
dengan menggunakan alat sederhana dengan percaya diri
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
4. Mempraktikkan keterampilan dasar ritmik diorientasikan
dengan arah dan ruang dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
|
4.1 Mempraktikkan gerak ritmik ke depan, belakang ataupun samping secara berpasangan dengan diiringi musik , dan nilai kerja sama
4.2 Mempraktikkan gerak ritmik diorientasikan dengan ruang secara beregu tanpa menggunakan musik, serta nilai disiplin dan kerja sama
|
5. Menerapkan budaya hidup
sehat
|
5.1 Menjaga kebersihan rambut,
hidung, dan telinga
5.2 Memilih makanan bergizi
|
Kelas II , Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
6. Mempraktikkan gerak dasar
kebugaran jasmani dan nilai- nilai yang terkandung di dalamnya
|
6.1 Mempraktikkan latihan dasar
untuk meningkatkan kekuatan
otot dada, otot punggung, dengan mengikuti aturan
6.2 Mempraktikkan latihan dasar untuk melatih
kelentukan
persendian anggota
badan bagian atas dengan mengikuti aturan
|
7. Mempraktikkan senam ketangkasan sederhana dan
nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya
|
7.1 Mempraktikkan dua bentuk
senam ketangkasan: melompat dan berputar 90 derajat saat di udara, melompati benda sesuai
dengan kemampuan serta memperhatikan
faktor keselamatan
7.2 Mempraktikkan rangkaian
gerak senam ketangkasan sederhana: berjalan dan berguling ke depan, memindahkan berat
tubuh dari satu titik ke titik yang lain dengan kontrol yang baik
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
8. Mempraktikkan keterampilan dasar ritmik diorientasikan
dengan arah dan ruang dengan menggunakan atau tanpa musik, memiliki
pengetahuan
dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
|
8.1 Mempraktikkan keterampilan dasar gerak ritmik yang berorientasi pada arah dan ruang secara berpasangan,
menggunakan atau tanpa musik,
serta nilai kerjasama, dan disiplin
8.2 Mempraktikkan
keterampilan
dasar
gerak ritmik yang
berorientasi pada
arah dan ruang secara beregu menggunakan atau tanpa musik
serta
nilai
kerjasama,
dan disiplin
|
9. Mempraktikkan gerak dasar renang, dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya*)
|
9.1 Mempraktikkan gerak lengan dan tungkai untuk mengangkat tubuh
di dalam air
9.2 Mempraktikkan keseimbangan tubuh dan penyelamatan diri
di air serta memperhatikan
faktor keselamatan diri dan orang lain, serta
nilai kebersihan
9.3 Mempraktikkan gerak dasar renang: mengapung,
menenggelamkan diri di dalam air, dan bernapas, serta nilai
disiplin
|
10. Mempraktikkan kegiatan jasmani di lingkungan di sekitar sekolah, dan nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya***)
|
10.1 Mempraktikkan berbagai aktivitas fisik di lingkungan sekolah dan nilai kebersihan, kesehatan dan keselamatan
10.2 Mengikuti rambu-rambu perjalanan di lingkungan sekolah secara beregu dan memperhatikan
faktor keselamatan, kerjasama dan disiplin
10.3 Membiasakan menggunakan pakaian
dan sepatu yang sesuai
|
11. Menerapkan budaya hidup
sehat
|
11.1 Menjaga kebersihan tangan dan kaki
11.2 Mengenal cara makan sehat
|
Kelas III, Semester
1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mempraktikkan berbagai kombinasi gerak
dasar
melalui permainan dan
nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya
|
1.1 Mempraktikkan
kombinasi berbagai pola gerak jalan dan
lari
dalam
permainan sederhana, serta aturan dan kerja sama
1.2 Mempraktikkan kombinasi
berbagai
gerak mengayun, membungkuk dan menekuk dalam permainan sederhana, serta aturan,
dan kerja sama
1.3 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar melempar, menangkap dan menendang dengan koordinasi yang baik dalam permainan sederhana,serta aturan, dan kerja sama
|
2. Mempraktikkan aktivitas kebugaran jasmani secara sederhana dan nilai nilai yang terkandung didalamnya
|
2.1 Mempraktikkan berbagai bentuk latihan
untuk meningkatkan
kekuatan otot- otot bahu dan dada secara sederhana serta nilai disiplin
2.2 Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan secara sederhana serta nilai disiplin
|
3. Mempraktikkan gerak senam lantai, senam ketangkasan dasar dan nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya
|
3.1 Mempraktikkan keseimbangan dalam bentuk senam lantai
dasar, serta
nilai keselamatan, disiplin dan keberanian
3.2 Mempraktikkan gerak kombinasi senam
ketangkasan
dasar, serta nilai keselamatan, disiplin dan keberanian
|
4. Mempraktikkan gerak dasar melaului aktivitas ritmik dan nilai-nilai yang terkandung
didalamnya
|
4.1 Mempraktikkan gerak dasar mengayun dan menekuk lutut dalam aktivitas
ritmik sederhana tanpa musik, serta nilai
percaya diri dan disiplin
4.2 Mempraktikkan gerak dasar mengayun dan menekuk lutut dalam aktivitas ritmik sederhana beregu tanpa atau
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
dengan iringan musik, serta nilai percaya diri, disiplin dan kerja sama
|
|
5. Menerapkan budaya hidup sehat
|
5.1 Menjaga kebersihan pakaian
5.2 Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat
|
Kelas III, Semester
2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
6. Mempraktikkan berbagai gerak dasar dalam permainan
sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
6.1 Mempraktikkan kombinasi
gerak dasar jalan,
lari
dan lompat
dengan koordinasi yang baik
dalam permainan sederhana, serta
nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggung jawab dan
menghargai lawan
atau diri sendiri
6.2 Mempraktikkan
kombinasi gerak
memutar, menekuk lutut,
mengayun lengan dan
meliukkan badan dengan koordinasi gerak yang
baik dalam permainan sederhana, serta
nilai
kerjasama dan menghargai
lawan atau diri sendiri
6.3 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar memvoli,
memantulkan, menendang,
dan mengontrol bola dengan koordinasi
yang baik dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama, toleransi, tanggung jawab,
menghargai lawan atau diri sendiri, dan bersedia berbagi tempat dan peralatan dalam bermain
|
7. Mempraktikkan latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai- nilai yang terkandung di
dalamnya
|
7.1 Mempraktikkan berbagai bentuk latihan
untuk meningkatkan kelentukan dan kelenturan, serta nilai disiplin, dan keselamatan
7.2 Mempraktikkan berbagai bentuk latihan
untuk meningkatkan koordinasi
gerak, dan
nilai disiplin
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
8. Mempraktikkan senam ketangkasan
dasar dan nilai-
nilai yang terkandung di dalamnya
|
8.1 Mempraktikkan senam ketangkasan
sederhana tanpa
alat, dan nilai disiplin
8.2 Mempraktikkan senam ketangkasan
yang
agak kompleks menggunakan alat, dan nilai disiplin,
|
9. Mempraktikkan gerak ritmik dasar yang berorientasi dengan arah, ruang, dan waktu dengan atau tanpa musik,
dan nilai- nilai yang terkandung didalamnya
|
9.1 Mempraktikkan gerak lokomotor dalam gerak ritmik diorientasikan pada arah, ruang, dan waktu secara individual
dengan atau tanpa menggunakan musik, serta nilai percaya diri dan disiplin
9.2 Mempraktikkan gerak lokomotor dalam aktivitas ritmik yang berorientasi pada arah, ruang dan waktu secara beregu dengan atau tanpa menggunakan musik, serta nilai percaya diri,
disiplin dan kerjasama
|
10. Mempraktikkan gerak dasar renang gaya dada, dan nilai- nilai yang terkandung didalamnya*)
|
10.1 Mempraktikkan gerak dasar meluncur, menggerakkan tungkai, menggerakkan lengan dan nilai kebersihan
10.2 Mempraktikkan cara bernapas renang gaya dada dan nilai
kebersihan
10.3 Mengkombinasikan gerakan lengan dan tungkai renang
gaya dada dan nilai kebersihan
|
11. Mempraktikkan pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah untuk aktivitas jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***)
|
11.1 Mempraktikkan gerak lokomotor dalam mengikuti jejak dan nilai disiplin, kerjasama, memperhatikan faktor keselamatan
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
11.2 Mempraktikkan pemilihan
tempat yang aman untuk bermain di lingkungan sekolah
11.3 Mempraktikkan penjagaan
keselamatan diri dan orang lain selama melakukan aktivitas di lingkungan sekitar sekolah, dan nilai kebersihan
|
|
12. Menerapkan budaya hidup sehat
|
12.1 Mengenal
bahaya penyakit diare,
demam berdarah dan influenza
12.2 Mengenal
cara menggunakan peturasan
|
Kelas IV, Semester
1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung
didalamnya
|
1.1 Mempraktikkan gerak dasar dalam permainan bola kecil sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama tim, sportivitas,
dan kejujuran**)
1.2 Mempraktikkan gerak dasar atletik
sederhana, serta nilai semangat, percaya diri dan disiplin**)
1.3. Mempraktikkan gerak dasar permainan
bola besar sederhana dengan
peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerja
sama, sportivitas, dan kejujuran**)
|
2. Mempraktikkan
latihan untuk
meningkatkan kebugaran dan nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya
|
2.1 Mempraktikkan aktivitas permainan
sederhana untuk melatih daya
tahan dan kekuatan
otot, serta nilai
kerja keras, dan disiplin
2.2 Mempraktikkan aktivitas
permainan untuk melatih kelenturan dan koordinasi, serta nilai
kerja keras, dan disiplin
|
3. Mempraktikkan berbagai bentuk latihan senam lantai
yang lebih kompleks dan nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya
|
3.1 Mempraktikkan kombinasi gerak senam
lantai tanpa alat dengan memperhatikan faktor keselamatan, dan nilai disiplin serta
keberanian
3.2 Mempraktikkan kombinasi gerak senam
lantai dengan alat
dengan memperhatikan
faktor keselamatan, dan nilai disiplin serta keberanian
|
4. Mempraktikkan keterampilan gerak ritmik terstruktur secara beregu tanpa dan dengan menggunakan musik dan nilai- nilai yang terkandung didalamnya
|
4.1 Mempraktikkan gerak ritmik diorientasikan
pada arah, ruang dan waktu secara beregu menggunakan musik,serta nilai estetika
4.2 Mempraktikkan keterampilan
gerak ritmik terstruktur secara beregu tanpa
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
menggunakan musik, serta nilai estetika
|
|
5. Menerapkan budaya hidup sehat
|
5.1 Menjaga kebersihan lingkungan rumah dan sekolah
5.2 Membiasakan membuang sampah pada tempatnya
|
Kelas IV, Semester
2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
6. Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung
didalamnya
|
6.1 Mempraktikkan gerak dasar berbagai gerakan yang bervariasi dalam permainan bola kecil beregu dengan peraturan yang dimodifikasi,
serta nilai kerja sama regu, sportivitas,
dan kejujuran**)
6.2 Mempraktikkan gerak dasar berbagai gerakan yang bervariasi dalam permainan bola besar beregu dengan peraturan
yang dimodifikasi,
serta nilai kerja sama regu, sportivitas,
dan kejujuran**)
|
6.3 Mempraktikkan gerak dasar atletik yang dimodifikasi:
lompat, loncat dan lempar, dengan memperhatikan nilai-
nilai pantang menyerah, sportifitas, percaya diri, dan kejujuran**)
|
|
7. Mempraktikkan latihan kebugaran yang lebih
kompleks untuk meningkatkan
keterampilan dan nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya
|
7.1 Mempraktikkan aktivitas dan permainan untuk
melatih daya tahan dan kekuatan
dengan kecepatan dan kualitas gerak yang meningkat, serta nilai kerja keras, disiplin, kerjasama, dan kejujuran
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
7.2 Mempraktikkan aktivitas dan permainan untuk melatih kelentukan dan koordinasi dengan kecepatan dan kualitas gerak yang meningkat, serta nilai kerja keras, disiplin, kerja sama,
dan kejujuran
|
|
8. Mempraktikkan senam lantai dengan kompleksitas gerakan
yang lebih tinggi,
dan nilai- nilai yang terkandung di
dalamnya
|
8.1 Mempraktikkan senam lantai tanpa menggunakan alat dengan koordinasi
yang baik serta nilai kerja sama dan estetika
8.2 Mempraktikkan senam
ketangkasan
dengan menggunakan alat dengan koordinasi yang
baik serta nilai disiplin dan kerja
sama
|
9. Mempraktikkan keterampilan gerak ritmik terstruktur secara beregu tanpa dan dengan menggunakan musik,
serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
9.1 Mempraktikkan
keterampilan
gerak ritmik terstruktur (misal SKJ) secara beregu menggunakan musik, serta nilai kerja sama, disiplin dan estetika.
9.2 Memperbaiki kesalahan gerak dalam gerak ritmik terstruktur (misal SKJ) secara
beregu menggunakan
musik, serta nilai kerja sama,disiplin
dan estetika
|
10. Mempraktikkan gerak dasar renang gaya bebas dan nilai- nilai
yang terkandung didalamnya *)
|
10.1 Mempraktikkan gerak dasar; meluncur, menggerakkan tungkai,
menggerakkan lengan serta
nilai kebersihan
10.2 Mempraktikkan cara bernapas dalam renang gaya bebas
10.3 Mengkombinasaikan gerakan lengan dan tungkai renang
gaya bebas
10.4 Mempraktikkan dasar-dasar
keselamatan di air
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
11. Mempraktikkan kegiatan berkemah di lingkungan sekitar sekolah dan nilai-nilai
yang terkandung didalamnya***)
|
11.1 Mempraktikkan berbagai keterampilan yang sesuai untuk
kegiatan perkemahan,
serta nilai kerja sama, tanggungjawab, disiplin, dan mengikuti
aturan
11.2 Mempraktikkan aktivitas jasmani yangberisi
tantangan dalam perkemahan
11.3 Mempraktikkan pola hidup sehat
|
12. Menerapkan budaya hidup sehat
|
12.1 Mengenal berbagai upaya dalam menjaga kebersihan lingkungan
12.2 Menjaga kebersihan lingkungan terhadap sumber penularan penyakit seperti nyamuk dan unggas
|
Kelas V,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mempraktikkan berbagai variasi gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan
yang dimodifikasi serta nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
|
1.1 Mempraktikkan variasi gerak dasar ke dalam modifikasi permainan bola
kecil, serta nilai kerjasama, sportivitas, dan kejujuran**)
1.2 Mempraktikkan variasi gerak dasar ke dalam modifikasi permainan bola
besar, serta nilai kerjasama, sportivitas,
dan kejujuran**)
1.3 Mempraktikkan variasi gerak dasar ke dalam modifikasi atletik, serta nilai semangat, sportivitas,
percaya diri dan kejujuran**)
|
2. Mempraktikkan latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai- nilai yang terkandung
didalamnya
|
2.1 Mempraktikkan aktivitas untuk kekuatan otot-otot anggota badan bagian
atas, serta nilai kerja keras, disiplin, kerjasama, dan kejujuran
2.2 Mempraktikkan aktivitas untuk kecepatan dan kualitas gerak yang meningkat,
serta nilai kerja keras, disiplin, kerjasama, dan kejujuran
|
3. Mempraktikkan berbagai bentuk senam
ketangkasan dengan kontrol yang baik, dan nilai- nilai yang terkandung di dalamnya
|
3.1 Mempraktikkan latihan peregangan dan pelemasan yang benar sebelum
memulai aktivitas senam,serta nilai percaya diri, dan disiplin
3.2 Mempraktikkan bentuk-bentuk senam ketangkasan dalam meningkatkan
koordinasi dan nilai
nilai percaya diri dan
disiplin
|
4. Mempraktikkan berbagai gerak dasar dalam gerak ritmik, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
4.1 Mempraktikkan pola jalan, lari dan lompat dalam gerak ritmik, serta nilai
kerjasama, percaya diri, dan disiplin
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
4.2 Mempraktikkan kombinasi pola gerak jalan, lari dan
lompat dalam gerak ritmik, serta nilai kerjasama, percaya
diri, dan disiplin
|
|
5. Menerapkan budaya hidup sehat
|
5.1 Mengenal cara menjaga kebersihan alat
reproduksi
5.2 Mengenal berbagai bentuk pelecehan
seksual
5.3 Mengenal cara menjaga diri dari pelecehan seksual
|
Kelas V, Semester
2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
6. Mempraktikkan berbagai
variasi gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
6.1 Mempraktikkan variasi
teknik dasar salah satu permainan
dan olahraga bola besar, serta nilai kerja sama, sportivitas, dan kejujuran**)
6.2 Mempraktikkan variasi
teknik dasar ke dalam modifikasi permainan bola
kecil, serta nilai kerja sama, sportivitas, dan kejujuran**)
6.3 Mempraktikkan variasi
teknik dasar atletik yang dimodifikasi, serta nilai semangat, sportivitas, kerjasama, percaya diri dan kejujuran**)
|
7. Mempraktikkan latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai- nilai yang terkandung di
dalamnya
|
7.1 Mempraktikkan aktivitas untuk kekuatan otot-otot anggota badan bagian bawah, serta nilai kerja keras, disiplin, kerjasama,
dan kejujuran
7.2 Mempraktikkan aktivitas untuk kelincahan dengan kualitas gerak yang
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
meningkat , serta nilai kerja keras, disiplin, kerjasama, dan kejujuran
|
|
8. Mempraktikkan berbagai bentuk senam ketangkasan dengan koordinasi
yang baik, dan
nilai- nilai yang terkandung di
dalamnya
|
8.1 Mempraktikkan sebuah rangkaian gerak senam ketangkasan
dengan konsisten,
tepat, dan koordinasil yang baik, serta
nilai keselamatan, disiplin, dan keberanian
8.2 Mempraktikkan bentuk-bentuk rangkaian gerak senam ketangkasan dengan koordinasi dan kontrol yang baik, serta
nilai keselamatan, disiplin, dan keberanian
|
9. Mempraktikkan kombinasi berbagai gerak dasar dalam gerak berirama dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
9.1 Mempraktikkan kombinasi pola gerak mengayun, menarik,
menekuk, meliuk, memutar dalam gerak berirama , serta
nilai kerja sama, percaya diri, dan disiplin
9.2 Mempraktikkan satu pola gerak berirama terstruktur dengan konsisten dan lancar serta nilai kerjasama, percaya diri, dan disiplin
|
10. Mempraktikkan gerak dasar renang gaya punggung, dan nilai- nilai yang terkandung
di dalamnya*)
|
10.1 Mempraktikkan gerak dasar renang gaya punggung: meluncur, menggerakkan
tungkai, menggerakkan lengan, serta
nilai kebersihan, keberanian dan percaya
diri
10.2 Mempraktikkan kombinasi gerakan lengan dan tungkai renang
gaya
punggung, serta
nilai keberanian dan percaya diri
|
11. Mempraktikkan penjelajahan di linkungan sekitar
sekolah, dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya***)
|
11.1 Mempraktikkan pembuatan rencana kegiatan penjelajahan
11.2 Mempraktikkan berbagai keterampilan
gerak dalam kegiatan penjelajahan di lingkungan sekolah yang sehat, serta
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
nilai kerjasama, disiplin, keselamatan, kebersihan, dan etika
|
|
12. Menerapkan budaya hidup sehat
|
12.1 Mengenal bahaya merokok bagi kesehatan
12.2 Mengenal bahaya miruman keras
|
Kelas VI, Semester
1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mempraktikkan berbagai gerak dasar permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
1.1 Mempraktikkan gerak dasar salah satu permainan bola kecil dengan koordinasi dan kontrol yang baik dengan
peraturan
yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama, sportivitas,
dan kejujuran**)
1.2 Mempraktikkan gerak dasar salah satu permaian bola besar dengan koordinasi dan kontrol yang baik dengan
peraturan
yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama, sportivitas,
dan kejujuran**)
1.3 Mempraktikkan koordinasi gerak dasar dalam teknik lari, lempar dan lompat
dengan peraturan yangdimodifikasi, serta nilai semangat, sportivitas,
percaya diri dan kejujuran
|
2. Mempraktikkan latihan peningkatan kualitas jasmani (komponen kebugaran jasmani),
dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
2.1 Mengidentifikasi anggota tubuh yang perlu
dilatih untuk memperbaiki postur
2.2 Mempraktikkan berbagai latihan
untuk memperbaiki cacat jasmani bukan bawaan, serta nilai keselamatan, disiplin, dan kerja keras
2.3 Mempraktikkan jenis latihan yang sesuai untuk mempertahankan dan memperbaiki postur tubuh, serta nilai
keselamatan,
disiplin, kerjakeras
|
3. Mempraktikkan kombinasi senam lantai dan senam ketangkasan dalam bentuk sederhana, dan nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya
|
3.1 Mempraktikkan pemanasan
dan pendinginan sebelum dan sesudah melaksanakan aktivitas senam
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
3.2 Mempraktikkan rangkaian senam lantai dan senam ketangkasan dengan gerakan
yang lebih halus, jelas dan lancar, serta nilai percaya diri, disiplin dan estetika
|
|
4. Mempraktikkan rangkaian gerak ritmik sederhana berpasangan, dan beregu,
serta nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya
|
4.1 Mempraktikkan rangkaian
gerak ritmik sederhana menggunakan gerak jalan dan lompat secara berpasangan, serta nilai kerja sama,
disiplin dan estetika
4.2 Mempraktikkan rangkaian
gerak ritmik sederhana beregu
dengan kompak, serta nilai kerjasama, disiplin dan estetika
|
5. Menerapkan budaya hidup sehat
|
5.1 Mengenal bahaya narkoba
5.2 Mengenal cara menghindari bahaya narkoba
|
Kelas VI, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
6. Mempraktikkan berbagai gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi, dan nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya
|
6.1 Mempraktikkan penerapan teknik dasar salah
satu permainan dan olahraga bola besar dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerja sama, sportivitas dan kejujuran**)
6.2 Mempraktikkan penerapan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola kecil dengan peraturan yang dimodifikasi,
serta nilai kerja sama, sportivitas dan kejujuran**)
6.3 Mempraktikkan pengembangan koordinasi beberapa nomor teknik dasar atletik dengan peraturan yang
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
dimodifikasi, serta nilai sportivitas, percaya diri dan kejujuran**)
|
|
7.Mempraktikkan latihan peningkatan kualitas kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
7.1 Mempraktikkan sikap hidup sehat untuk memelihara kondisi kesehatan
7.2 Mempraktikkan peregangan otot dan pelemasan persendian dengan baik sebelum latihan,
serta nilai disiplin.
7.3 Mempraktikkan aktivitas
kondisi fisik secara terencana dan sungguh sungguh
7.4 Mempraktikkan aktivitas
secara berkelanjuatan
dalam rangka meningkatkan kebugaran , serta nilai keselamatan, disiplin dan kerja keras
|
8. Mempraktikkan kombinasi senam lantai dan senam ketangkasan dalam bentuk sederhana, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
8.1 Mempraktikkan kombinasi gerak senam
lantai dan senam ketangkasan dengan konsisten, dan kontrol
yang baik, serta nilai keselamatan,disiplin,
dan kerjasama
8.2 Mempraktikkan kombinasi bentuk-bentuk
senam lantai dan senam ketangkasan
dengan koordinasi, dan kontrol
yang baik, serta nilai keselamatan, disiplin, dan kerjasama
|
9. Mempraktikkan rangkaian gerak ritmik sederhana secara berpasangan maupun
beregu, dan nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya
|
9.1 Mempraktikkan gerak
ritmik sederhana
di tempat dengan gerakan membungkuk,
menekuk maupun meliuk secara berpasangan dan beregu, serta nilai kerja sama, disiplin, dan estetika
9.2 Mempraktikkan kombinasi gerak ritmik
sederhana dengan jalan dan lompat secara berpasangan dan beregu, serta nilai kerja sama, disiplin, dan estetika
|
10. Mempraktikkan gerak dasar salah satu gaya renang
dengan
|
10.1 Mempraktikkan gerak dasar meluncur, menggerakkan tungkai maupun lengan
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
koordinasi gerak yang baik, dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya*)
|
renang gaya dada dengan koordinasi
gerak yang lebih baik serta nilai keberanian, disiplin, dan kebersihan
10.2 Mempraktikkan cara bernapas salah satu
gaya renang, serta nilai keberanian, disiplin, dan kebersihan
10.3 Mempraktikkan kombinasi gerakan lengan dan tungkai
dalam renang gaya dada, serta
nilai keberanian dan disiplin
10.4 Mempraktikkan dasar-dasar keselamatan di air
|
11. Mempraktikkan penjelajahan dan perkemahan di
alam bebas, serta nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya***)
|
11.1 Mempraktikkan
aktivitas penjelajahan di alam bebas secara sederhana, serta nilai
kerja sama, tanggung jawab,
disiplin, dan keselamatan
11.2 Mempraktikkan pemasangan kemah bersama, serta nilai kerja sama, tanggung jawab, disiplin, dan keselamatan
|
12. Menerapkan budaya hidup sehat
|
12.1 Mengenal cara menolak
ajakan
menggunakan narkoba
12.2 Mengenal cara menolak perlakuan pelecehan seksual
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar